Selasa, 18 Juni 2013

resensi buku 99 cahaya dilangit eropa

Diposting oleh sarah selviana di 06.35
Setelah membaca buku ini dan melihat informasi lomba resensi di website dari sang penulis, saya berniat untuk mengikuti lomba tersebut. Tapi saya urungkan niat saya !

            Buku ini adalah buku perjalanan dari mba Hanum salsabiela Rais (Putri Amien Rais) dan sang suami Rangga Almahendra, buku perjalanan ini bukan hanya sekedar perjalanan. Buku ini ditulis berdasarkan pengamatan mereka selama tiga tahun hidup di Eropa. Cahaya yang mungkin mereka maksudkan adalah “cahaya Islam”. Saya bisa simpulkan disini, bahwa buku ini adalah ‘buku sejarah Islam di beberapa Negara Eropa’ hanya saja mba Hanum menulisnya 'Menapak jejaj islam di Eropa' sama saja memang, sebelum saya membaca buku ini, setiap kali menyebut kata "Eropa" adalah Roma, Eiffel, Tower Bride, Pissa, dan Stadion Besar, tapi dalam buku ini mengubah pemikiraan saya dari itu semua menjadi "cahaya Islam" ya! .

            Dalam novel ini, mba hanum dan suami menapaki dan memahami cahaya Islam di beberapa Negara, seperti Austria, Perancis, Spanyol, dan Turki. dalam perkataan mba hanum di novelnya “ buku ini adalah catatan perjalanan atas sebuah pencarian. Perjalanan yang membuat saya menemukan banyak hal lain yang jauh lebih menaraik dari sekadar menara Eiffel, tembok berlin, konser mozzart, stadion sepak bola san siro, colosseum roma, atau gondola-gondola di Venezia. Eropa dan Islam! Mereka pernah menjadi pasangan serasi.”


            “wahai anakku! Dunia ini bagaikan samudra tempat banyak ciptaan-ciptaan-Nya yang tenggelam. Maka jelajahilah dunia ini dengan menyebut nama Allah. Jadikan kekuatanmu pada Allah sebagai kapal-kapal yang menyelamatkanmu. Kembangkan keimanan sebagai layarmu, logika sebagai pendayung kapalmu, ilmu pengetahuan sebagai nahkoda perjalananmu dan kesabaran sebagai jangkar dalam setiap badai cobaan” (Ali bin Abi Thalib ra.)

harus ditunggu setiap episode negaranya yaa! atau baca deh buku ini, atau bagi yang tidak hobi membaca, buku ini siap merapungkan filmnya. :) 

0 komentar:

 

B i e n v e n u e:) Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea